Minggu, September 30, 2012

SKALA MEGAPIXEL


Dalam postingan kali ini saya akan menyinggung sedikit tentang megapixel, apa itu megapixel? berikut penjelasan dan perbandingannya:

PIXEL

Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.

Monitor atau layar datar yang sering kita temui terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024×768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.


Perbandingan Megapixel




MEGAPIXEL

Megapixel (Megapiksel) terdiri berasal dari gabungan kata “mega” yang menunjukkan satuan juta, dan pixel yang bermaksud titik elemen gambar (English = Picture Element). Jadi singkatnya megapixel berarti sejuta titik elemen gambar.
Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik tersebut. Makin tinggi jumlahnya, maka makin tinggi juga resolusi gambarnya. Jumlah megapiksel ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kualitas gambar.



Lalu apa hubungannya pixel dengan dunia photography?

belakangan ini ukuran megapixel menjadi ukuran standard untuk membeli Handphone camera, camera digital, atau bahkan camera DSLr. Disini saya katakan bahwa "perbedaan 1(satu) tingkat ukuran megapixel pada suatu kamera DSLR hampir tak ada artinya sama sekali".
mengapa saya katakan demikian?

Perbandingan megapixel bagaikan sebuah tipu muslihat dari sales kamera untuk meyakinkan pembeli yang awam bahwa semakin tinggi ukuran megapixel, maka semakin mahal kamera tersebut, sebagai contoh, kamera dengan ukuran 8megapixel itu harganya 2xlipat dibanding camera berukuran 4megapixel. mungkin diantara kita banyak sekali yang meyakini hal tersebut, tapi pendapat seperti itu sama sekali salah.

Hanya karena ukurannya 8megapixel, bukan berarti ukurannya 2x lebih besar ataupun lebih bagus dari 4megapixel, dalam dunia photography, tidaklah demikian. 4megapixel kurang lebih berukuran 2450px x 1650px (px=pixel). dan 8megapixel itu kurang lebih 3600px x 2400px.

perhatikan perbandingannya, 3600px tidaklah 2x lipat dari 2450px, dan 2400px tidaklah 2x lipat lebih besar daripada 2650px. kenyataannya angka 8megapixel itu hanyalah 50% lebih besar daripada 4megapixel. jadi berapa sesungguhnya 2x 4 megapixel? sebenarnya 2x 4megapixel adalah 4800px x 3600px, dan itu adalah 16 megapixel.

jadi perbandingan ukuran sesungguhnya adalah:

2x 1megapixel adalah 4megapixel
2x 2megapixel adalah 8megapixel
2x 4megapixel adalah 16megapixel
2x 8megapixel adalah 32megapixel
dan begitu seterusnya.

lalu bagaimana dengan gambar diatas? dan bagaimana dengan ukuran megapixel yang tanggung seperti 8,1megapixel? jawabanya adalah, ukuran itu sah-sah saja, karena biasanya ukuran yang tanggung seperti itu memang lebih besar sedikit saja, meskipun sebenarnya ukuran itu bukanlah ukuran yang baku, namun sepertinya produsen kamera tidak sabar untuk segera mengenalkan produk2 terbaru mereka, seperti yang saya katakan tadi, hanya beda 0,1megapixel bisa menjadi alasan untuk menaikkan harga pada produk terdahulunya. Pertanyaannya, buat apa mengeluarkan uang lebih, hanya untuk mendapatkan 1 tingkat megapixel lebih tinggi? kecuali anda benar-benar seorang profesional photographer, maka angka 16megapixel itu sudah sangat lebih dari cukup untuk anda, karena dengan ukurannya yang luar biasa itu, anda bisa mencetak ukuran yang lebih besar dari pada sebuah papan tulis dengan hasil yang masih tajam.

Terkesan agak riskan karena dengan padatnya pixel yang ada, biasanya butuh waktu sekitar 1-3detik hanya untuk view/melihat gambar dengan ukuran 16megapixel di laptop atau pc anda bahkan jika perangkat anda dilengkapi dengan RAM hingga 4MB, Juga dapat membuat hang, lemot, atau bahkan error dan gagal baca pada aplikasi pengolah gambar seperti photoshop atau corel draw dll.

Keputusan untuk membeli kamera sebenarnya adalah 100% ada ditangan anda, namun perlu anda ketahui bahwa, untuk camera DSLr dengan angka 8megapixel sebenarnya sudah lebih daripada yang anda butuhkan untuk merekam gambar yang tajam dan bagus mengingat perbandingan harganya yang cukup jauh.

terima kasih telah membaca, ditunggu saran dan komentarnya.